Bagian Testis Yang Berperan Dalam Produksi Sperma Dan Hormon Testosteron Disebut

Jawaloker  | Bagian Testis Yang Berperan Dalam Produksi Sperma Dan Hormon Testosteron Disebut

Manusia masuk dalam kelompok mamalia dan berkembang biak dengan reproduksi seksual. Tujuannya, proses reproduksi berjalan dengan berjumpanya sel sperma (gamet jantan) dengan ovum (gamet betina) sampai terjadi fertilisasi. Untuk memperjelasnya, silahkan belajar mengenai sistem reproduksi yang ada manusia.

Artikel Penting : Cara Cepat Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus

Peranan testis untuk reproduksi pria sangat penting,. Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tubulus. Untuk jaga supaya peranan itu masih tetap berjalan baik, suhu di testis harus sekitaran dua derajat centrigrade lebih rendah dari temperatur badan.

Latihan Soal

Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut ?

a. Tubulus seminiferus
b. Epididimis
c. Vesikula seminalis
d. Vas deferens

Menurut jurnal wikipedia Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tubulus seminiferus, Jadi Jawabannya ( point A ).

Artikel Penting : Jurusan Kuliah Yang Banyak Peluang Kerja, Harus Diambil !

Pembahasan Soal

Tubulus seminiferus ialah jaringan seperti beberapa pembuluh kecil yang terkumpul, dan sebagai bagian paling banyak di testis. Epididimis sebagai saluran panjang berliku sesudah testis yang berperan sebagai penampungan sperma sementara dan pematangan sperma.

Vesikula seminalis sebagai kelenjar pemroduksi makanan untuk sperma yang berbentuk fruktosa dan senyawa organik yang lain. Vas deferens sebagai saluran sesudah epididimis yang berperan sebagai saluran sperma . Maka, bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tubulus.

Materi Sistem Reproduksi

Bagian Testis Yang Berperan Dalam Produksi Sperma Dan Hormon Testosteron Disebut

Sistem reproduksi ialah kelompok organ reproduksi yang memberikan dukungan dalam proses pengembangbiakan. Pada sistem reproduksi pria ada testis sebagai tempat produksi sperma. Pada sistem reproduksi wanita ada ovarium sebagai tempat produksi ovum.

Dan sistem reproduksi pria berada di testis, ya bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tubulus. Pembangunan sperma dan ovum terjadi secara pemisahan meiosis. Dalam proses fertilisasi itu, hasilnya tercipta zigot yang berkembang jadi embrio janin.

A). Sistem Reproduksi Wanita

Proses reproduksi dimulai proses dari seksual, yakni saat sel sperma berjumpa dengan sel telur lewat hubungan seks. Sistem reproduksi wanita di desain untuk hasilkan sel telur atau disebut ovum. Sistem reproduksi akan mengusung sel telur ke arah tempat pembuahan yang umumnya terjadi di saluran tuba.

Dan, bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tubulus. Sel telur yang telah di buahi akan ke arah dinding rahim membuat janin. Berikut sebagai susunan reproduksi pada wanita :

1.Vagina

Organ reproduksi wanita yang pertama ialah Vagina, Ya ini ialah saluran yang menyambungkan serviks atau leher rahim ke bagian luar badan. Vagina sebagai tempat mengucurnya darah menstruasi dan saluran untuk melahirkan.

2. Serviks

Organ reproduksi wanita yang ke-2  ialah Serviks, Ini ialah susunan rahim bagian bawah rahim yang tersambung ke vagina. Salah satunya peranan penting serviks ialah, menghasilkan lendir yang menolong salurkan sperma dari vagina ke rahim sepanjang proses seksual.

3. Saluran Telur atau Tuba Fallopi

Organ reproduksi wanita yang ke-3  ialah Tuba Fallopi, Ini ialah saluran yang sejumlah sepasang kanan dan kiri, memiliki bentuk seperti tabung kecil dan tipis yang melekat di bagian atas rahim.

Artikel Penting : Pelatihan Gratis Bersertifikat Untuk Menambah Skill, Terbaru !!

Organ ini berperan sebagai saluran untuk sel telur atau ovum bergerak dari ovarium ke arah rahim. Sementara Tuba Fallopi jadi tempat fertilisasi atau pembuahan sel telur oleh sperma.

4. Indung Telur (Ovarium)

Organ reproduksi wanita yang ke-4 ialah Indung telur atau Ovarium, Organ ini sejumlah sepasang dan berada di rongga perut. Ovarium diselubungi kapsul perlindungan dan memiliki kandungan beberapa folikel.

Di dalam folikel ada sel telur atau ovum yang siap dibuahi. Folikel hasilkan hormon ciri khas wanita, yakni estrogen dan progesteron.

5. Rahim (Uterus)

Organ reproduksi wanita yang ke-5 ialah Rahim, Organ ini ialah organ memiliki rongga yang memiliki bentuk seperti buah pir. Organ ini berperan sebagai tempat mengembangnya janin sesudah sel telur dibuahi oleh sperma. Rahim tersusun atas tiga susunan, yakni Perimetrium, Miometrium, dan Endometrium atau dinding rahim.

B). Sistem Reproduksi Pria

Sistem reproduksi pada pria terbagi dalam organ reproduksi external dan organ reproduksi intern. Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tublus. Beberapa organ reproduksi pada pria ada di luar badan, mencakup :

1.  Penis

Organ reproduksi pria yang pertama ialah Penis, Ya ini ialah organ penting pada pria yang berperan sebagai organ external untuk urinasi atau sebagai saluran kencing. Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tubulus.

Penis terdiri dari 3 rongga yang berisi jaringan spons dan dikitari oleh jaringan erektil yang rongga-rongganya memiliki kandungan banyak pembuluh darah dan saraf perasa. Penis sebagai media atau saluran sperma saat proses seksual.

2. Skrotum

Organ reproduksi pria yang ke-2  ialah Skrotum, Ini berupa kantong kulit yang menggantung pada pangkal penis. Di dalam skrotum ada testis yang terbagi dalam skrotum kanan dan skrotum kiri. Antara skrotum kiri dan skrotum kanan terbatasi oleh penyekat yang berbentuk jaringan ikat dan otot polos.

Artikel Penting : Peluang Kerja Yang Jarang Diminati Padahal Menjanjikan

Kantong kulit ini berperan untuk jaga temperatur testis yang sama sesuai saat menghasilkan sperma. Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tubulus.

3. Testis

Organ reproduksi pria yang ke-3  ialah Testis, Ini ialah kelamin bagian dalam yang mempunyai wujud bundar telur dan sejumlah sepasang. Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tubulus.

4. Epididimis

Organ reproduksi pria yang ke-4 ialah Epididimis, Ini ialah saluran yang keluar testis dan berperan sebagai area untuk menyimpan sperma sebentar. Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tubulus.

5. Saluran Uretra

Organ reproduksi pria yang ke-2  ialah Saluran uretra, Organ ini ialah kelenjar yang hasilkan zat yang berisi basa (alkali), fruktosa (gula monosakarida), hormon prostaglandin dan protein pembekuan. Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tubulus.

6. Kelenjar Prostat

Organ reproduksi pria yang ke enam ialah Kelenjar prostat, Ya ini ialah kelenjar yang berada di bawah kantung kemih, yang berperan hasilkan cairan yang memiliki sifat asam. Bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut tubulus.

7. Kelenjar Cowper

Organ reproduksi pria yang ke-2  ialah Kelenjar cowper, Ini ialah kelenjar yang hasilkan lendir dan cairan memiliki sifat basa. Kelenjar ini berperan membuat perlindungan sperma dengan menetralisir urine yang mempunyai PH asam dalam uretra, sekalian melapis uretra untuk kurangi kerusakan pada sperma sepanjang ejakulasi.

Ringkasan

Maka berdasar keterangan di atas bagian testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon testosteron disebut Tubulus seminiferus. Nach, itu pembahasan materi biologi Sistem Reproduksi pada Manusia. Mudah-mudahan artikel ini menjadi rekomendasi materi belajar kamu di dalam rumah ya.

 

Keyword Populer :

Internet Marketing, Kredit, Cloud Server Gratis, Advokat, Daftar Domain, Vps Linux Murah Indonesia, Motorcycle Accident Attorney Orange County, How To Sell Structured Settlement, California Motorcycle Accident Lawyer, Mesothelioma Financial Help, Motorcycle Injury Attorney, Mesothelioma Veterans, Mesothelioma Help, Motorcycle Accident Lawyer Los Angeles.

Comments

Popular posts from this blog

Hukum Yang Berlaku Sekarang Bagi Suatu Masyarakat Tertentu Disebut Hukum

Universitas Swasta Yang Ada Jurusan Teknik Otomotif

Sikap Menaati Peraturan Yang Sering Terkait Dengan Faktor Waktu Disebut