Syarat-Syarat Helm Untuk Alat Pelindung Diri Yaitu

Jawaloker  | Syarat-Syarat Helm Untuk Alat Pelindung Diri Yaitu

Alat Pelindung Diri (APD) ialah kelengkapan yang harus dipakai saat bekerja sesuai dengan bahaya dan resiko kerja untuk jaga keselamatan karyawan tersebut dan orang di sekitarnya. Pada beberapa tugas yang beresiko tinggi, alat pelindung diri harus di gunakan.

Artikel Penting : Cara Cepat Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus

Tetapi jenis alat pelindung diri yang perlu dikenai berbeda, bergantung pada jenis tugas yang di kerjakan. Kenakan alat pelindung diri (APD) saat bekerja bisa menahan dan kurangi resiko berlangsungnya kecelakaan kerja.

Latihan Soal

Syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yaitu ?

A. Tahan benturan, meredam kejutan, tidak mudah terbakar, susah disamakan
B. Tahan benturan, meredam kejutan, tidak mudah terbakar, mudah disesuaikan
C. Tahan benturan, gampang terbakar, gampang pecah
D. Tahan benturan, meredam kejutan, anti air, gampang terbakar​

Di lansir dari wikipedia indonesia Syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yaitu Tahan benturan, meredam kejutan, tidak mudah terbakar, mudah disesuaikan. Helm harus kuat karena berperan sebagai pelindung kepala dari benda yang dapat berkenaan kepala langsung.

Artikel Penting : Jurusan Kuliah Yang Banyak Peluang Kerja, Harus Diambil !

Materi Alat Pelindung Diri

Syarat-Syarat Helm Untuk Alat Pelindung Diri Yaitu

Alat pelindung diri ialah perlengkapan yang harus dipakai untuk membuat perlindungan karyawan dari bahaya yang dapat mengakibatkan cidera atau penyakit serius berkaitan kerjanya. Alat pelindung diri sudah dibuat khusus sesuai jenis kerjanya.

Misalkan APD untuk karyawan konstruksi tidak sama dengan APD untuk karyawan di laboratorium. Untuk rider / pembalap syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yaitu ialah Tahan benturan. Semua perlengkapan APD harus penuhi standard dan syarat yang berjalan.

Jenis Alat Pelindung Diri

Kewajiban kenakan APD ini telah di setujui oleh pemerintahan lewat Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Wujud dari alat itu bergantung pada perannya, berikut jenis alat pelindung diri :

1. Alat Pelindung Kepala

Alat pelindung kepala berperan untuk membuat perlindungan kepala dari bentrokan, pukulan, atau cidera kepala karena keruntuhan benda keras. Alat ini bisa juga membuat perlindungan kepala dari radiasi panas, api, recikan bahan kimia, atau temperatur yang berlebihan.

Artikel Penting : Pelatihan Gratis Bersertifikat Untuk Menambah Skill, Terbaru !!

Jenis alat pelindung kepala terbagi dalam helm pengaman (safety helmet), topi atau tudung kepala, dan pelindung rambut. Syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yaitu Tahan benturan, meredam kejutan, tidak mudah terbakar, mudah disesuaikan.

2. Alat Pelindung Mata Dan Muka

Alat pelindung ini berperan untuk membuat perlindungan mata dan muka dari paparan bahan kimia beresiko, misalkan amonium nitrat, gas dan partikel yang melayang-layang pada udara atau air, recikan benda kecil, panas, atau uap.

Alat pelindung diri yang tutup muka dan mata penting juga dipakai untuk kurangi resiko timbulnya masalah kesehatan atau cidera karena paparan radiasi, sinaran sinar, dan bentrokan atau pukulan benda keras atau tajam.

Alat pelindung mata yang biasanya dipakai ialah kacamata khusus atau spectacles dan goggles. Dan alat pelindung muka terbagi dalam tameng muka (face shield) atau full face masker, yaitu masker yang tutupi semua sisi muka.

3. Alat Pelindung Telinga

Penutup telinga ini terbagi dalam sumbat telinga (ear socket) atau penutup telinga (ear muff) yang berperan untuk membuat perlindungan telinga dari keributan (pencemaran suara) atau penekanan udara. Untuk syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yaitu tahan benturan.

4. Alat Pelindung Saluran Pernapasan

Peranan alat ini ialah untuk membuat perlindungan organ pernapasan dengan salurkan udara bersih atau memfilter paparan zat atau benda beresiko, seperti mikroorganisme (virus, bakteri, dan jamur), debu, kabut, uap, asap, dan gas kimia tertentu, supaya tidak terisap dan masuk ke badan.

5. Alat Pelindung Tangan

Pelindung tangan atau sarung tangan berperan untuk membuat perlindungan jari-jari tangan dari api, temperatur dingin atau panas, radiasi, arus listrik, bahan kimia, bentrokan atau pukulan, tergesek benda tajam, atau infeksi. Dan syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yaitu Tahan benturan,

Sarung tangan ini dibuat bermaterial yang bermacam-macam, bergantung pada keperluan dan tugas. Sarung tangan ini ada yang dibuat dari logam, kulit, kanvas, kain, karet, atau bahan khusus untuk membuat perlindungan tangan dari zat kimia tertentu.

6. Alat Pelindung Kaki

Alat ini berperan untuk membuat perlindungan kaki dari bentrokan atau terkena benda berat, tertusuk benda tajam, terserang cairan dingin atau panas dan bahan kimia beresiko, dan tergelincir karena permukaan yang licin. Jenis alat pelindung kaki berbentuk sepatu karet (boot) dan safety shoes.

7. Pakaian Pelindung

Pakaian pelindung berperan untuk membuat perlindungan badan dari temperatur dingin atau panas yang ekstrim, paparan api dan benda panas, recikan bahan kimia, uap panas, bentrokan, radiasi, gigitan atau sengatan binatang, dan infeksi virus, jamur, dan bakteri.

Artikel Penting : Peluang Kerja Yang Jarang Diminati Padahal Menjanjikan

Jenis pakaian pelindung terbagi dalam rompi (vests), celemek (apron atau coveralls), jaket, dan pakaian terusan (one piece coverall). Dan alat pelindung diri kepala syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yaitu Tahan benturan,

8. Sabuk Dan Tali Keselamatan

Beberapa tugas mewajibkan pekerjanya untuk bekerja pada status yang cukup beresiko, seperti pada ketinggian atau di dalam ruang yang sempit di bawah tanah. Sabuk dan tali keselamatan ini berperan untuk batasi pergerakan karyawan supaya tidak jatuh atau lepas dari status yang aman.

9. Pelampung

Pelampung dipakai oleh karyawan yang bekerja di atas air atau di atas air agar dapat mengambang dan tidak terbenam. Pelampung ini terbagi dalam life jacket atau life vest. Dan untuk syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yaitu Tahan benturan.

Penting untuk dikenang jika pemakaian alat pelindung diri penting untuk membuat perlindungan diri dari kecelakaan kerja. Tetapi sayang, ada banyak karyawan yang malas menggunakan APD dengan argumen tidak nyaman, ribet, berat, atau sesak.

Ringkasan

Walau terkadang bisa membuat pemakainya tidak bebas bergerak dan tidak nyaman, APD perlu tetap dikenai setiap waktu saat sedang bekerja dan bekerja yang lain. Syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yaitu tahan benturan.

Demikianlah yang dapat admin berikan terkait dengan materi alat pelindung diri (APD) . Maka bila kamu mendapati soal “Syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri yaitu ?” Jawabannya tahan benturan. Mudah-mudahan berguna terima kasih.

 

Keyword Populer :

Internet Marketing, Kredit, Cloud Server Gratis, Advokat, Daftar Domain, Vps Linux Murah Indonesia, Truck Accident Lawyer Chicago, Car Accident Lawyer Moreno Valley, Boise Accident Lawyers, Louisville Accident Attorney, Car Accident Lawyers West Palm Beach, Tennessee Mesothelioma Lawyer, Diagnosed With Mesothelioma, Mesothelioma Compensation Payouts.

Comments

Popular posts from this blog

Hukum Yang Berlaku Sekarang Bagi Suatu Masyarakat Tertentu Disebut Hukum

Universitas Swasta Yang Ada Jurusan Teknik Otomotif

Sikap Menaati Peraturan Yang Sering Terkait Dengan Faktor Waktu Disebut